Hukum Memakai Parfum Saat Puasa

Ternyata Ga Boleh! Hukum Memakai Parfum Saat Puasa

By Ardi Pandhita

Apa sih Hukum Memakai Parfum Saat Puasa?

Sebelum masuk ke inti Hukum Memakai Parfum Saat Puasa, dalam Islam, pakai parfum itu direkomendasiin, loh. Baik buat sehari-hari, sebagai bentuk respect ke orang lain supaya kita gak bau badan. Bahkan, pakai parfum termasuk sunnah yang dilakuin nabi-nabi sebelumnya. Ada hadis yang bilang kalo empat hal yang jadi sunnah itu antara lain malu, pakai wewangian, siwak, dan nikah.

Nah, pas bulan Ramadan tiba, gimana dong? Soalnya kan puasa tuh tentang menjauhkan diri dari kemewahan dan kesenangan, apasih Hukum Memakai Parfum Saat Puasa? Para ahli fiqih dari mazhab Syafi'i bilang, pakai parfum siang-siang waktu puasa itu gak disunnahkan, alias makruh, karena ada unsur kemewahannya. Tapi, pas malam hari boleh-boleh aja, even efek wanginya masih ada di siang hari.

Bagaimana Kalau Menurut Pandangan Pakar Agama?

Dr. Ali Ahmed Mashael, seorang pakar agama, bilang kalo Hukum Memakai Parfum Saat Puasa itu boleh kok, asal jangan sampe cairannya kena tenggorokan. Dan lebih baiknya, pakai parfumnya dikurangin pas siang hari waktu puasa. Dia juga saranin, buat umat Muslim, pakai parfumnya setelah buka puasa sampe sebelum imsak aja.

Jadi, intinya, Hukum Memakai Parfum Saat Puasa itu gak sampe batalkan puasa sih, tapi lebih baik kalo dikurangin aja, apalagi pas lagi puasa siang hari, buat jaga-jaga dan lebih fokus ke ibadah.

Rekomendasi Parfum untuk Teraweh

Onix Gratitude

Hukum Memakai Parfum Saat Puasa Onix Gratitude

 

Onix Gratitude benar-benar pas banget untuk dipakai saat solat! Aromanya yang lembut dan tahan lama, plus ada hint vanilla di catatan dasarnya, menjadikannya pilihan ideal buat ibadah. Oh ya, semprotannya juga mantap! Mengenai hukum memakai parfum saat puasa, parfum seperti Onix Gratitude ini bisa jadi pilihan yang bijak karena aromanya yang tidak mengganggu dan kehalusannya, selaras dengan tuntunan berpuasa yang mengedepankan kesederhanaan dan ketenangan hati.
  • General Description : Floral Sweet With Musky Ambery & Woody Base
  • Top Note : Green, Fruity, Ozone
  • Middle Note : White Floral, Caramel, Lactone, Violet
  • Bottom Note : Amber, Musk, Vanilla, Sandalwood, Cedarwood
  • Longevity: 6-10 Jam

Read More: Cek dulu 5 Fakta Scorpio Hari Ini! Tips jalani hari untuk Scorpio!

Onix Senoparty

Hukum Memakai Parfum Saat Puasa onix senoparty

 

Senoparty emang pilihan yang tepat untuk solat karena kombinasi aroma Oud dan Saffron yang mewah serta mencolok! Ini benar-benar wujud aroma ibadah yang khas! Mengenai hukum memakai parfum saat puasa, parfum seperti Senoparty ini bisa menjadi tambahan yang sempurna saat merayakan Hari Raya, mengikuti prinsip kesopanan dan keindahan dalam beribadah dan berinteraksi sosial, sesuai dengan syariat Islam yang mengizinkan penggunaan parfum selama tidak mengganggu esensi puasa itu sendiri.
  • General description : Floral, herbal, caramelic, ambery
  • Top notes : Saffron, fir, bergamot, nagarmotha
  • Middle notes : Oud, white floral, tageta
  • Based notes : Amber, musk, caramel cedar, moss
  • Longevity: 6-10 Jam

Kesimpulan

Sekarang sudah pada tahu kan Hukum Memakai Parfum Saat Puasa yang ternyata makruh. Tidak sunnah karena menggambarkan kemewahan. jadi sekarang ini kamu bisa kurangin penggunaan parfum saat berpuasa ya!

Back to blog