Parfum untuk Sholat

Apakah Boleh Menggunakan Parfum Untuk Sholat? 5 Rekomendasi Parfum

Ardi Pandhita

Bisa gak kamu pikirin kalau Alkohol itu haram kalau dikonsumsi tapi kita disunnahkan menggunakan wewangian, jadi dibutuhkan parfum untuk sholat. Tapi kalau parfum untuk sholat kita mengandung alkohol, apakah sah baju yang kita kenakan tersebut dipakai untuk sholat? Yuk kita cari tau dulu!

Alasan Menggunakan Parfum Untuk Sholat dari Ilmu Fiqih

Sholat merupakan kewajiban bagi umat islam. Terlebih lagi umat islam melaksanakan sholat sebanyak 5x sehari. Namun disatu sisi umat islam terutama lelaki disunnahkan memakai parfum untuk sholat. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa hampir seluruh parfum yang dijual di pasaran rata-rata menggunakan alkohol. Sedangkan kita ketahui bahwa alkohol haram hukumnya bagi umat islam, lantas bagaimana?

Jawabannya adalah Boleh Saja. Karena alkohol yang dipakai untuk konsumsi berbeda dengan alkohol untuk parfum. Alkohol yang terdapat pada parfum tidak dapat dikonsumsi. Namun disisi lain dalam fiqih parfum untuk sholat, disebutkan ada tujuh jenis najis, termasuk alkohol karena dapat memabukkan, yang dikenal sebagai khamr.

Khamr, atau minuman beralkohol yang mengandung alkohol, dianggap haram untuk dikonsumsi dan dianggap najis. Ada dua jenis najis: najis hissi (najis fisik yang bisa membatalkan shalat) dan najis maknawi (najis simbolis atau moral).

Mayoritas pandangan dari empat mazhab menyatakan alkohol sebagai najis dan haram, meskipun hanya sedikit. Namun, beberapa ulama seperti Imam Robi’aturroi dan Imam Al-Muzani berpendapat bahwa khamr tidak menjadikan benda lain najis secara fisik, hanya haram dikonsumsi. Pendapat ini dianggap minoritas dan lemah.

Saat membeli parfum untuk sholat, sebaiknya pilih yang tidak mengandung alkohol sesuai dengan pandangan umum dalam fiqih. Namun, jika kamu secara tidak sengaja disemprot parfum atau diberi parfum yang mengandung alkohol oleh seseorang yang berniat baik, Kamu bisa mengikuti pendapat Imam Robi’aturroi.

Menurut pendapat beliau, penggunaan parfum tersebut tidak dianggap sebagai perbuatan najis secara fisik, sehingga kamu bisa menggunakan pendapat ini untuk menghindari menyakiti perasaan pemberi parfum tersebut. Ini menunjukkan fleksibilitas dalam penerapan prinsip fiqih, terutama ketika berhadapan dengan situasi sosial yang memerlukan pertimbangan terhadap perasaan orang lain.

Bagaimana Pandangan dari Ulama Syafi'iyah?

Menurut pandangan beberapa ulama Syafi’iyah, menggunakan parfum untuk sholat yang mengandung alkohol tidak mempengaruhi sahnya shalat. Mereka berpendapat bahwa alkohol dianggap suci, dan larangan terkait alkohol lebih kepada konsumsinya, bukan penggunaannya secara eksternal seperti dalam parfum. Imam As-Syaukani menjelaskan bahwa tidak ada bukti kuat yang menyatakan zat yang memabukkan itu najis.

Dalam Al-Qur'an surat Al-Maidah ayat 90 disebutkan, “Sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji yang termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” Kata "rijsun" di sini diartikan sebagai haram, bukan najis.

Syekh Wahbah Az Zuhayli juga menyebutkan bahwa alkohol dianggap benda suci, baik dalam bentuk murni maupun yang sudah dicampur. Ini menekankan bahwa kenajisan khamr dan zat yang memabukkan lebih bersifat maknawi, tidak literal. Dengan demikian, penggunaan parfum beralkohol tidak dianggap membatalkan keabsahan shalat.

5 Rekomendasi Parfum untuk Sholat

Onix Rose

Parfum untuk Sholat - Onix Rose

Wanginya kalem, strong, dan cocok dipake selama ramadhan. Parfum untuk sholat ini lebih cocok untuk perempuan yang punya karakter Alpha. Wanginya mewah banget, ditambah SPL-nya yang terbilang keren abis!

  • General Description: Sweet oriental floral on a woody, musky and powdery base
  • Top Note: Mandarin, Bergamot, Almond, Lavender, Green
  • Middle Note: Ylang, Jasmine, Sambac, Orris, Cyclamen, Violet
  • Bottom Note: Sandal, Tonka, Vanilla, Musk, Patchouli, Caramel
  • Longevity: 6-10 Jam

Onix Gratitude

Parfum untuk Sholat Onix Gratitude

 

Onix Gratitude memang cocok Sebagai parfum untuk sholat! Wanginya yang soft longlasting, ditambah sentuhan vanilla di base notesnya, menjadi pilihan yang sempurna untuk beribadah. Jangan lupa, SPL-nya gacor!
  • General Description : Floral Sweet With Musky Ambery & Woody Base
  • Top Note : Green, Fruity, Ozone
  • Middle Note : White Floral, Caramel, Lactone, Violet
  • Bottom Note : Amber, Musk, Vanilla, Sandalwood, Cedarwood
  • Longevity: 6-10 Jam

Read More: Cek dulu 5 Fakta Scorpio Hari Ini! Tips jalani hari untuk Scorpio!

Onix Mexicola

Parfum untuk Sholat onix mexicola

 

Onix Mexicola kalo dibilang emang cock banget dijadiin sebagai parfum untuk sholat! Wanginya yang manis cocok banget untuk nemenin sholat kamu, dan tentu pastinya wangi mexicola ini seger banget! 

  • General description : Sweet fruity floral woody and musk
  • Top notes : Raspberry, apple, pineapple
  • Middle notes : Jasmine, muguet, cyclamen, freesia
  • Based notes : Sandalwood, coconut, musk, tonka, vanilla, caramel
  • Longevity: 6-10 Jam

    Onix Seductress

    Parfum untuk Sholat - Onix Seductress

    Cocok jadi parfum untuk sholatOnix Seductress memang menjadi pilihan yang tepat! Wanginya yang manis vanilla cocok banget untuk nemenin sholat kamu. Karena emang powdery ditambah dengan vanilla yang seger banget. 

    • General Description: Sweet oriental floral on a woody, musky and powdery base
    • Top Note: Mandarin, Bergamot, Almond, Lavender, Green
    • Middle Note: Ylang, Jasmine, Sambac, Orris, Cyclamen, Violet
    • Bottom Note: Sandal, Tonka, Vanilla, Musk, Patchouli, Caramel
    • Longevity: 6-10 Jam

      Onix FWB

      Parfum untuk Sholat - Onix FWB

       

      Onix FWB! 3 kata untuk parfum ini Bold, Sweet, Beast! Karena beneran deh ini parfum enak banget, mixed fruity floralnya cocok banget dipake sebagai parfum untuk sholat. Ditambah lagi bisa nemenin kamu teraweh karena SPL-nya terbilang Beast banget!

      • General Description: Citrus fruity floral with sweet ambery notes
      • Top Note: Bergamot, Lemon, Orange, Apple, Green tea
      • Middle Note: Freesia, White Floral, Amber, Peach, Coconut
      • Bottom Note: Amber, Vetiver, Musk, Vanilla, Cedarwood, Caramel
      • Longevity: 6-10 Jam

      Kesimpulan

      Kalau kamu masih ragu, lebih baik jangan pakai parfum untuk sholat yang beralkohol namun, jika kamu mengikuti ulama syafi'iyah dan mengikuti ilmu fiqih yang merekomendasikannya, boleh saja kamu ikuti. Karena balik lagi ini berdasarkan kepercayaan yang kamu anut. Begitu pula dengan rekomendasi parfum untuk sholat, jika kamu lagi nyari parfum untuk sholat, bisa banget checkout dari artikel ini sekarang ya!

      Back to blog